flatnews

LANGKAH PENGERJAAN CAT & BODY REPAIR

Step pertama adalah Pengetokan dan Persiapan Permukaan Panel
PANEL RUSAK:

PANEL SETELAH KETOK:

PANEL SETELAH PELAPISAN SURFACER/PRIMER:


Tahap pelapisan primer adalah penting yang bertujuan untuk setidaknya dua hal, pemberian dasar yang memberikan daya rekat yang terkuat ke panel dan juga ke dempul (step berikutnya), dan kedua untuk mengurangi resiko bahan tidak kompatibel (problem: cat bangun misalnya).

Sebelum melangkah ke step berikutnya, permukaan yg sudah dilapisi primer, akan di amplas dan di wash dengan degreaser seperti M600 (sikkens, tidak tampak di gambar).

Step kedua adalah Pembetukan dan Persiapan Panel Sebelum Cat
PANEL SETELAH DEMPUL:
Dalam gambar berikut, panel di dempul dengan 2 jenis dempul. Lapisan pertama dengan Spruce (bisa juga Hi Grade sbg alternatif), dan lapisan berikutnya adalah Sikkens. Dempul Sikkens (dan jg bbrp dempul setara) tidak begitu cocok pada panel yg memiliki kerusakan yg besar/parah karena kecepatan keringnya luar biasa sehingga pemakaiannya bukan saja boros juga dalam waktu tetapi kurang efektif dalam membentuk. Namun harus diakui bahwa dempul sikkens atau sejenis memiliki kehalusan yang sangat baik.

Proses pendempulan ini juga diikuti dengan proses penghalusan permukaan (amplas) dan juga dicuci dengan degreaser.


PANEL SETELAH PELAPISAN FILLER:
Kegunaan step ini adalah untuk menutupi lubang2 yg masih ada di permukaan yg didempul. Semakin baik bahan dan pengerjaannya, semakin kecil kemungkinan terdapat lobang2 di permukaan yang mungkin tampak nantinya setelah selesai. Tentunya, bahan ini juga memberikan daya rekat yg jauh lebih baik dari dempul sehingga cat tidak mudah terkelupas.

Proses pelapisan filler ini juga diikuti dengan proses penghalusan permukaan (amplas) dan juga dicuci dengan degreaser.

Step ketiga adalah Pelapisan Basecoat dan Varnish
PANEL SETELAH BASECOAT:
Sebelum naik cat, permukaan sekali lagi di basuh dengan degreaser untuk menghilangkan sesuatu yg mengganggu hasil cat seperti minyak, debu halus dll yg tidak begitu kelihatan oleh mata.


PANEL SETELAH VARNISH:
Sesudah pelapisan basecoat, panel dilap halus dengan tack cloth untuk mengangkat debu2/partikel lain yg menempel sehingga finishing dengan varnish bisa memberi hasil yg sebaiknya.

CUPLIKAN DARI AWAL SAMPAI AKHIR:

Panel-Surfacer-Dempul-Filler-Basecoat-Varnish


Step berikutnya adalah finishing cat/varnish sehingga bilamana ada kekurangan dalam proses sebelumnya, kekurangan itu bisa dihilangkan/diminimalisir. Juga dalam proses ini, bentuk permukaan varnis bisa disesuaikan dengan kemauan (antara kulit jeruk atau lainnya). Gambar tidak kami sediakan, namun prosesnya persis sama dengan proses yg dikerjakan oleh divisi salon kami, Glam Slam.




 kami mengerjakan proses terakhir yaitu finishing cat. Dalam proses ini kami mengaplikasikan kompon dan bahan poles untuk meratakan permukaan. Setelah itu kami mengaplikasikan wax untuk proteksi dan juga untuk menunjukkan bahwa varnish matt di wax tidak menghasilkan panel yg berkilau, tapi hanya kelihatan lebih rata. Juga bisa dilihat bahwa proses pemolesan tidak juga membuat matt berubah kecuali permukaannya menjadi lebih rata.

Panel sesudah poles memoles:
 
Panel selagi di wax:


Panel sesudah di poles dan wax:

PENGERJAAN Mobil Tabrakan,Las ketok,Sisip cat body,cat ulang full body.

Perbaikan shockbreker garansi 3 bulan,As kopel,Ball join,Ganti kopling, power sterring DLL.

ALAMAT:
JADI JAYA MOTOR
JL.Paus ujung no.46 tangkerang tengah.
CALL:0813 65 900 858

Related

Tips Dan Triks 8939206064387299473

Hot in week

Recent

Chatting

Yahoo Messenger!




UNTUK KONTAK LANGSUNG KLIK GAMBAR

Owner

Connect Us

Lokasi

item